Terbaru=>>
Loading...

Cara Membuat Sertifikat Tanah

Bagi anda yang belum mengetahui langkah atau cara membuat sertifikat tanah maka anda tak perlu cemas karena saat ini saya akan memberikan cara atau langkah dalam membuat sertifikat karena jika tidak segera dibuat biasanya akan memudahkan orang untuk mengambil tanah milik kita, taukah anda ? banyak sekali orang yang tidak tau langkah – langkah dalam membuat sertifikat sehingga membiarkan tanah mereka tanpa surat dan secara otomatis orang lain bisa saja menggeser tanah tersebut menjadi milik mereka. 

Lalu bagaimana sih cara membuat sertifikat tanah dengan benar itu ? apakah membuat sertifikat itu sangat sulit ? jika anda merasa penasaran maka anda bisa membaca tulisan ini dengan teliti ya sob.

Cara Membuat Sertifikat Tanah


Langkah Mudah Yang Bisa Dilakukan Dalam Pembuatan Sertifikat Tanah


  1. Langkah pertama dalam cara membuat sertifikat tanah adalah dengan meminta surat dari kelurahan terlebh dahulu mengenai tanah yang akan anda buatkan surat, mintalah surat keterangan bahwa tanah tersebut tidak pernah disertifikatkan sebelumnya.
  2. Setelah itu maka langkah berikutnya adalah membuat surat keterangan dari ketua rw atau rt yang menyatakan bahwa tanah milik anda tidak dalam sengketa
  3. Jika anda sudah mendapatkan dua surat keterangan tersebut maka selanjutnya akan ada peninjauan lokasi atau tanah dengan melakukan pengukuran yang diadakan oleh pihak kantor pertanahan.
  4. Selanjutnya penerbitan gambar atau foto atau biasa disebut surat ukur kemudian akan dilanjutkan dengan pengesahan oleh kantor BPN atau badan pertahanan nasional.
  5. Untuk pembayaran bea perolehan hak atas tanah dan bangunan tersebut maka disesuaikan dengan luas yang tercantum dalam gambar yang sudah di ukur, biasanya pembayaran BPHTB dilaksanakan apabila tanah yang diminta berasal dari tanah milik negara atau tanah garapan  dan dilakukan pada saat proses pelaksanaan akta jual beli sehingga BPHTB tersebut belum dilakukan pembayaran.
  6. Utuk proses pertimbangan dilakukan oleh pihak panitia tanah A
  7. Pengumuman di lakukan di kantor pertanahan dan juga kantor kelurahan ditempat anda kurang lebih dua bulan setelah pemeriksaan baru kemudian pengesahan pengumumannya
  8. Cara membuat sertifikat tanah yang terakhir yaitu proses penerbitan sertifikat tanahnya yang dilakukan oleh pihak BPN yang ada diwilayah anda.
  9. Proses sertifkat ini hanya bisa dilakukan pada saat pengecekan dikantor kelurahan dan pertanahan saja dengan bukti bahwa tanah tersebut tidak ada sertifikat sebelumnya dan jika semua syarat sudah terpenuhi maka sertifikat akan keluar kurang lebih enam bulan atau sampai satu tahun lamanya.



Sekian pemaparan singkat mengenai cara membuat sertifikat tanah ini semoga bisa membantu anda dalam mempermudah cara membuat sertifikat terutama untuk tanah anda karena jika tidak segera dibuat sertifikatnya maka dikhawatirkan ada orang yang jahil yang akan merebut tanah anda.