Terbaru=>>
Loading...

Syarat Balik Nama Sertifikat Rumah

Manusia sebagai mahluk sosial pasti melakukan yang namanya transaksi jual beli. Untuk beberapa jenis jual beli, perlu dilakukan balik nama sertifikat kepemilikan untuk mengesahkan yang kita beli sebagai milik kita seutuhnya. Beberapa barang seperti motor, mobil, tanah dan rumah semuanya diharuskan melakukan balik nama sertifikat. 

Nah, apa sajakah syarat balik nama sertifikat rumah? Untuk anda yang sekarang ini sedang berencana membeli rumah dan masih bingung mempersiapkan syarat-syarat balik nama sertifikatnya, berikut saya berikan informasinya.

Syarat Balik Nama Sertifikat Rumah


Syarat-syarat Balik Nama Sertifikat Rumah dan Prosedurnya


  1. Pastikanlah untuk mengecek keaslian sertifikat di lembaga terkait sebelum anda melakukan transaksi. Anda bisa mengeceknya di Badan Pertanahan setempat. Biasanya dikenakan biaya sekitar Rp 100.000,-. Jika memang tanah yang akan dibeli belum bersertifikat, maka lakukan pengecekan riwayat kepemilikan tanah serta bukti kepemilikannya di kantor kelurahan atau kecamatan setempat dan juga bukti batas tanahnya
  2. Pastikanlah anda menganut asas terang tunai agar selain memang dicatat. Hal tersebut berarti selain sudah dicatat dengan kuitansi bermaterai, juga telah melunasi pajak bumi dan bangunan. Juga harus dilegalisir dengan Kata Jual Beli dibuat di hadapan PPAT. Biaya yang dikenakan untuk AJB umumnya berkisar 0,5 hingga 1 % dari NJOP.
  3. Kemudian untuk balik nama sertifikat tanah, anda dapat langsung mendatangi badan pertanahan melalui PPAT kalau ingin mengurusnya sendiri. bisa juga dengan menggunakan jasa seorang notaris kalau mau memilih jasa notaris
  4. Jika prosesnya anda lakukan sendiri, anda harus mempersiapkan syarat balik nama sertifikat rumah dengan membawa berkas-berkas seperti surat pengantar dari PPAT, sertifikat asli, identitas penjual dan pembeli atau surat kuasa, AJB, fotokopi KTP, bukti pelunasan SSP PPH dan SSBPHTB. Semuanya anda bawa ke badan pertanaan. Jika belum memiliki SPPT, anda harus membuat keterangan dari lurah atau kepala desa setempat.
  5. PPAT lalu menyerahkan berkas AJB yang sudah disiapkan ke kantor pertanahan demi keperluan balik nama sertifikat rumah anda. syarat yang harus anda siapkan seperti AJB, surat permohonan balik nama ditandatangani pembeli, KTP penjual dan juga pembeli, bukti pelunasan pembayaran BPHTB dan juga bukti pelunasan pembayaran PPh serta sertifikat.
  6. Penyerahan berkas dilaksanakan paling lambat selama 7 hari masa kerja sejak ditandatanganinya AJB. Biasanya dalam waktu 2 minggu anda selaku pembeli sudah bisa mendapatkan sertifikat yang sudah berganti nama anda. biayanya beragam, tergantung luas dan juga pajaknya.


Nah, seperti itulah lebih kurangnya syarat balik nama sertifikat rumah dan cara mendapatkan sertifikat rumah baru anda. semoga artikel ini bisa membantu anda yang sedang kebingungan untuk mengambil langkah. Dan saya ucapkan terimakasih sudah mengunjungi blog saya.