Terbaru=>>
Loading...

Tips Cara Balik Nama Sertifikat Rumah

Jika konsumen memahami prosedur pengurusan kepemilikan dan transaksinya, seharusnya prosedur balik nama sertifikat rumah tidak terlalu ruwet. Ketika bertransaksi, pembeli harus memastikan biaya pengurusan surat ataupun legalitas rumah, asuransi dan juga jangka waktu pengurusan. Selain itu, ada pula biaya akta jual beli ataupun AJB.

Untuk sebuah rumah yang dibeli dari pengembang, biaya balik nama umumnya diurus langsung oleh pihak pengembang jadi konsumen tinggal membayar. Biaya balik nama seringkali digabungkan dengan AJB. Biaya pengurusan balik nama dan AJB ini bervariasi sesuai dengan harga rumah tersebut. Berikut ini rincian biaya AJB serta pengurusan surat balik nama sertifikat rumah.

Tips Cara Balik Nama Sertifikat Rumah


Biaya AJB dan Pengurusan Surat Balik Nama Sertifikat Rumah


  • Sebesar Rp 1 juta hingga Rp 1,5 juta untuk harga satuan rumah sekitar Rp 50 juta hingga Rp 100 juta
  • Sebesar Rp 1,5 juta hingga Rp 3 juta untuk harga satuan rumah sekitar Rp 100 juta hingga Rp 300 juta
  • Sebesar Rp 3 juta hingga Rp 5 juta untuk harga satuan rumah sekitar Rp 300 juta hingga Rp 500 juta
  • Sebesar Rp 5 juta hingga Rp 10 juta untuk harga satuan rumah sekitar Rp 500 juta hingga Rp 1 milyar
  • Untuk rumah dengan harga di atas Rp 1 milyar, biasanya digunakan persentase dari harga rumahnya


Nah, itulah perkiraan biaya AJB sesuai dengan harga rumahnya. Berikut ini tata cara balik nama sertifikat rumah. Anda harus mengikuti prosedur balik nama sertifikat rumah ini untuk mendapatkan sertifikat rumah atas nama anda. langkah-langkahnya sebagai berikut:

  1. Penjual dan pembeli menandatangani AJB di hadapan PPAT atau pejabat pembuat akta tanah. Proses balik nama sertifikat rumah ini tidak bisa dilakukan kalau AJB belum ditandatangani oleh kedua belah pihak, saksi dan PPAT.
  2. Penjual sudah melunasi PPh dan pembeli sudah melunasi BPHTB. Proses balik nama ini tidak bisa dilakukan jika PBB, BPHTB, dan PPh belum dibayar lunas.
  3. Penjual dan pembeli sudah melunasi biaya AJB sekaliguas biaya balik nama sertifikat tersebut pada PPAT yang ditunjuk. Penjual dan pembeli sebaiknya membayar jasa PPAT di awal untuk jasa pelayanan yang maksimal, sehingga ketika proses balik nama sertifkat ini sudah selesai, pembeli tinggal mengambil sertifikat tersebut tanpa harus keluar biaya lagi. 
  4. Kantor PPAT mengurus balik nama di BPN setempat dengan menyertakan akta jual beli, sertifikat asli, fotokopi KTP pembeli dan penjual, bukti pelunasan PPh dan BPHTB. Untuk proses balik nama yang diserahkan pada BPN ialah sertifikat aslinya dan salinan AJB.


Nah, seperti itulah kurang lebihnya tata cara balik nama sertifikat rumah. Seharusnya sertifikat tanah sudah selesai dalam waktu 2 minggu. Namun dalam prakteknya seringkali anda harus menunggu 1 hingga 2 bulan lamanya.