Terbaru=>>
Loading...

Tata Cara Jual Tanah Dengan Mudah Dan Aman

Tentu saja jual beli tanah menjadi aktivitas yang seringkali terjadi dalam kehidupan bermsyarakat. Ketika si penjual dan si pembeli telah mendapatkan kesepakatan untuk semua hal mengenai tanah yang akan diperjual belikan, kedua belah pihak harus melaksanakan tata cara jual beli tanah. Nah, jali ini akan sedikit saya berikan panduan cara jual tanah.


Tata Cara Jual Tanah Dengan Mudah Dan Aman


Tata Cara Jual Tanah

Aktivitas jual beli tanah tidak akan berjalan lancar jika tidak diirngi dengan kerjasama antara kedua belah pihak, yakni penjual dan pembeli. Baik yang mau menjual ataupun yang membeli tanah harus bekerjasama melakukan beberapa langkah seperti di bawah ini:

1. AJB

Penjual dan pembeli harus mendatangi kantor PPAT untuk membuat AJB tanah. Jika daerah anda PPAT nya belum mencukupi, anda bisa mendatangi Camat sebagai pejabat yang berwenang.

2. Persyaratan Akta Jual Beli

Salah satu tata cara jual tanah adalah dengan membuat AJB, berikut persyaratan yang harus anda persiapkan.

  • Penjual
  1. Asli Sertifikat hak tanah yang akan dijual
  2. KTP dan KK
  3. Surat persetujuan suami istri untuk yang sudah berumahtangga
  4. Bukti pembayaran PBB

  • Calon Pembeli
Hanya perlu membawa KTP serta KK


3. Proses Pembuatan AJB di Kantor PPAT

a. Persiapan
  • Sebelum membuat AJB, PPAT melakukan pemeriksaan keaslian sertifikat di kantor pertanahan
  • Penjual membayar PPh atau Pajak Penghasilan jika harga jual tanah di atas Rp 60 juta di BANK ataupun kantor Pos
  • Calon pembeli membuat pernyataan bahwa dengan ia membeli tanah itu, ia tidak menjadi pemegang hak atas tanah, melebihi ketentuan batas luas maksimumnya.
  • Surat pernyataan dari penjual mengenai tanah yang tidak dalam sengketa
  • Jika dalam keadaan sengketa, PPAT menolak pembuatan AJB


b. Pembuatan
  • Dihadiri oleh kedua belah pihak atau oleh orang yang diberikan kuasa secara tertulis
  • Dihadiri minimal 2 saksi
  • PPAT membacakan akta, menjelaskan isi dan maksut pembuatannya
  • Ketika sudah disetujui oleh kedua pihak, akta ditandatangani oleh keduanya, para saksi serta PPAT
  • Akta dibuat 2 lembar, masing-masing untuk kantor PPAT dan kantor Pertanahan untuk keperluan balik nama (pendaftaran)
  • Penjual dan pembeli masing-masing mendapat salinannya
  • PPAT menyerahkan berkas AJB pada kantor Pertanahan untuk balik nama sertifikat yang dilaksanakan maksimal seminggu setelah akta ditandatangani
  • Berkas yang diserahkan:
  • Surat permohonan balik nama ditandatangani calon pembeli
  • Sertifikat hak tanah
  • AJB
  • KTP penjual dan pembeli
  • Bukti pelunasan PPh dan BPHTB
  • Proses di Kantor Pertanahan
  • Setelah menerima berkasnya, kantor Pertanahan kemudian memberikan tanda bukti penerimaannya pada PPAT yang kemudian diserahkan pada pembeli
  • Nama pemegang hak lama dalam buku dan sertifikat dicoret menggunakan tinta hitam serta diparaf oleh Kepala Kantor Pertanahan
  • Nama pemegang hak yang baru ditulis di halaman dan kolom yang ada di dalam buku dan sertifikat lengkap dengan tanggal pencatatan serta tanda tangan Kepala Kantor Pertanahan
  • Maksimal 2 minggu pembeli sudah mendapat sertifikat atas namanya



Nah, seperti itulah prosedur tata cara jual tanah yang sebenarnya. Memang sekilas terlihat ruwet namun hal ini sangatlah penting. anda harus lebih bersabar dalam menjalani prosesnya agar kedua belah pihak bisa mendapatkan hak nya sama rata.

Cara Membuat Sertifikat Tanah

Bagi anda yang belum mengetahui langkah atau cara membuat sertifikat tanah maka anda tak perlu cemas karena saat ini saya akan memberikan cara atau langkah dalam membuat sertifikat karena jika tidak segera dibuat biasanya akan memudahkan orang untuk mengambil tanah milik kita, taukah anda ? banyak sekali orang yang tidak tau langkah – langkah dalam membuat sertifikat sehingga membiarkan tanah mereka tanpa surat dan secara otomatis orang lain bisa saja menggeser tanah tersebut menjadi milik mereka. 

Lalu bagaimana sih cara membuat sertifikat tanah dengan benar itu ? apakah membuat sertifikat itu sangat sulit ? jika anda merasa penasaran maka anda bisa membaca tulisan ini dengan teliti ya sob.

Cara Membuat Sertifikat Tanah


Langkah Mudah Yang Bisa Dilakukan Dalam Pembuatan Sertifikat Tanah


  1. Langkah pertama dalam cara membuat sertifikat tanah adalah dengan meminta surat dari kelurahan terlebh dahulu mengenai tanah yang akan anda buatkan surat, mintalah surat keterangan bahwa tanah tersebut tidak pernah disertifikatkan sebelumnya.
  2. Setelah itu maka langkah berikutnya adalah membuat surat keterangan dari ketua rw atau rt yang menyatakan bahwa tanah milik anda tidak dalam sengketa
  3. Jika anda sudah mendapatkan dua surat keterangan tersebut maka selanjutnya akan ada peninjauan lokasi atau tanah dengan melakukan pengukuran yang diadakan oleh pihak kantor pertanahan.
  4. Selanjutnya penerbitan gambar atau foto atau biasa disebut surat ukur kemudian akan dilanjutkan dengan pengesahan oleh kantor BPN atau badan pertahanan nasional.
  5. Untuk pembayaran bea perolehan hak atas tanah dan bangunan tersebut maka disesuaikan dengan luas yang tercantum dalam gambar yang sudah di ukur, biasanya pembayaran BPHTB dilaksanakan apabila tanah yang diminta berasal dari tanah milik negara atau tanah garapan  dan dilakukan pada saat proses pelaksanaan akta jual beli sehingga BPHTB tersebut belum dilakukan pembayaran.
  6. Utuk proses pertimbangan dilakukan oleh pihak panitia tanah A
  7. Pengumuman di lakukan di kantor pertanahan dan juga kantor kelurahan ditempat anda kurang lebih dua bulan setelah pemeriksaan baru kemudian pengesahan pengumumannya
  8. Cara membuat sertifikat tanah yang terakhir yaitu proses penerbitan sertifikat tanahnya yang dilakukan oleh pihak BPN yang ada diwilayah anda.
  9. Proses sertifkat ini hanya bisa dilakukan pada saat pengecekan dikantor kelurahan dan pertanahan saja dengan bukti bahwa tanah tersebut tidak ada sertifikat sebelumnya dan jika semua syarat sudah terpenuhi maka sertifikat akan keluar kurang lebih enam bulan atau sampai satu tahun lamanya.



Sekian pemaparan singkat mengenai cara membuat sertifikat tanah ini semoga bisa membantu anda dalam mempermudah cara membuat sertifikat terutama untuk tanah anda karena jika tidak segera dibuat sertifikatnya maka dikhawatirkan ada orang yang jahil yang akan merebut tanah anda.

Tips Cara Memesan Kamar Hotel

Cara memesan kamar hotel saat ini ada dua macam, cara yang pertama adalah dengan datang langsung ke hotel atau dengan cara yang kedua yaitu memesan tiket hotel melalui website resmi yang sudah terjamin keamanannya, biasanya banyak orang yang menginap di hotel ini dalam rangka rapat, pertemuan besar atau pun menghadiri undangan dari jauh-jauh hari, disamping itu juga di hotel ada beberapa jenis ukuran kamar hotel yang bisa anda sesuaikan dengan uang yang anda miliki. Jika hanya anda sendiri maka kamar yang cocok adalah yang berukuran kecil saja namun jika anda membawa kerabat atau teman maka anda bisa memesan kamar yang sedang atau yang besar.

Jika anda belum mengetahui cara  memesan kamar hotel maka anda tak perlu khawatir karena pada kesempatan kali ini saya akan membagikan ilmu tentang cara mudah untuk memesan kamar yang mungkin bisa membantu anda dalam mempermudah pemesanan hotel.

Tips Cara Memesan Kamar Hotel


Bagaimana Ya Cara Mudah Untuk Memesan Kamar Hotel ?


  1. Langkah pertama cara memesan kamar hotel adalah menyanyakan terlebih dahulu pada resepsionis apakah ada kamar yang kosong, jika ada maka anda bisa langsung melakukan pembayaran namun jika tidak maka biasanya anda akan di berikan alternatif kamar yang lainnya baik itu dengan ukuran yang lebih besar maupun yang lebih kecil.
  2. Setelah anda merasa cocok dengan kamar yang ditawarkan maka selesaikan pembayaran kamar terlebih dulu, jika sudah tersedia maka anda akan mendapatkan sebuah buah kunci kamar, jika anda merasa bingung dimana letak kamar nya maka anda tak perlu khawatir karena anda bisa meminta bantuan office boy atau pegawai lainnya untuk mengantarkan anda ke kamar.
  3. Setelah membuka kunci kamar maka masukkan kartu kedalam suatu kotak yang sudah disediakan dikamar, dengan begitu maka lampu yang ada dikamar anda akan menyala
  4. Jika anda merasa ada yang kurang maka anda bisa menelpon pihak front office atau pada office boy nya 
  5. Setelah itu, cara memesan kamar hotel selanjutnya adalah menikmati apa saja fasilitas yang bisa anda dapatkan, contohnya seperti AC atau air conditioner, televisi dengan layar LCD, meja untuk meletakkan barang, selimut dan masih banyak lagi
  6. Jika anda merasa kamar mandinya kurang bersih maka anda bisa menyuruh cleaning servise untuk membersihkan kamar mandi
  7. Nah, jika anda ingin meninggalkan kamar hotel maka jangan lupa untuk berkemas-kemas agar barang anda tidak ada yang tinggal


Bagaimana ? sangat mudah bukan cara memesan kamar hotel ? jika anda masih ragu maka anda bisa mengajak teman atau sahabat yang sudah terbiasa memesan kamar ya sob.

Tips Cara Menginap Di Hotel

Cara menginap di hotel sudah pasti berbeda dengan menginap dirumah, jika di rumah kita tak perlu memesan atau pun memikirkan biaya maka jika anda ingin menginap di hotel tentunya harus mengikuti cara atau prosedur yang ada di hotel tersebut. Cara memesan hotel pun berbeda-beda ada yang memesan dengan langsung mendatangi hotel atau bisa juga dengan menggunakan tiket pemesanan online yang bisa di akses langsung dari PC / Smartphone anda, jika anda tak ingin repot maka anda bisa memesan tiket hotel secara online saja namun jika anda belum mengetahui cara pemesanan via online maka anda bisa langsung datang ke hotel yang akan di tuju.  

Bagi anda yang ingin mengetahui cara menginap di hotel dengan benar dan mudah maka anda bisa membaca tulisan yang satu ini, siapa tau bisa membantu dalam mempermudah anda dalam melakukan pemesanan sekaligus menginap di hotel.

Tips Cara Menginap Di Hotel


Tips Cara Mudah Untuk Menginap Di Hotel


1. Datang lah kebagian administrasi

Salah satu cara menginap di hotel adalah dengan mendatangi bagian front office atau pihak administrasinya terlebih dahulu, setelah itu bertanyalah pada pihak admin apakah ada kamar yang kosong dengan ukuran yang anda inginkan, biasanya mereka akan mempersilahkan anda menunggu terlebih dahulu guna memeriksa pesanan kamar anda. Jika ada maka anda bisa melakukan pemesanan kamar tersebut namun jika kamar penuh maka anda bisa memilih alternatif kamar yang di rekomendasikan oleh pihak admin, jika anda setuju maka bisa langsung melakukan pembayaran hotel, setelah itu biasanya anda akan diberikan kunci kamar dan diantarkan dimana kamar tersebut, contohnya dilantai 1, 2, ataupun tiga. Jika anda ingin menginap bersama keluarga maka anda bisa mengundang mereka ke hotel.


2. Perhatikan ruangan saat menginap

Cara menginap di hotel yang selanjutnya adalah dengan memperhatikan kondisi ruangan kamar, jika anda merasa terlalu dingin maka anda bisa menggunakan remot AC untuk mematikannya dengan cara menekan tombol OFF, setelah itu ruangan hotel pun menjadi normal. Selain itu juga anda bisa menikmatai fasilitas hotel yang bisa anda manfaatkan contohnya seperti televisi, handuk, sendal tipis, air mineral dan kulkas kecil, dengan fasilitas inilah anda dan keluarga dijamin sangat nyaman saat menginap di hotel. Nah, bila anda merasa ada yang kurang atau ruangan nya kotor maka anda tak perlu membersihkannya karena anda tinggal menelpon saja dari kamar dan meminta office boy untuk membersihkan bagian ruangan yang kotor itu sehingga kamar menjadi bersih dan sehat.

Itulah tadi sekilas informasi mengenai cara menginap di hotel yang bisa saya bantu semoga bisa bermanfaat bagi anda saat menginap di hotel yang anda inginkan.

Syarat Balik Nama Sertifikat Rumah

Manusia sebagai mahluk sosial pasti melakukan yang namanya transaksi jual beli. Untuk beberapa jenis jual beli, perlu dilakukan balik nama sertifikat kepemilikan untuk mengesahkan yang kita beli sebagai milik kita seutuhnya. Beberapa barang seperti motor, mobil, tanah dan rumah semuanya diharuskan melakukan balik nama sertifikat. 

Nah, apa sajakah syarat balik nama sertifikat rumah? Untuk anda yang sekarang ini sedang berencana membeli rumah dan masih bingung mempersiapkan syarat-syarat balik nama sertifikatnya, berikut saya berikan informasinya.

Syarat Balik Nama Sertifikat Rumah


Syarat-syarat Balik Nama Sertifikat Rumah dan Prosedurnya


  1. Pastikanlah untuk mengecek keaslian sertifikat di lembaga terkait sebelum anda melakukan transaksi. Anda bisa mengeceknya di Badan Pertanahan setempat. Biasanya dikenakan biaya sekitar Rp 100.000,-. Jika memang tanah yang akan dibeli belum bersertifikat, maka lakukan pengecekan riwayat kepemilikan tanah serta bukti kepemilikannya di kantor kelurahan atau kecamatan setempat dan juga bukti batas tanahnya
  2. Pastikanlah anda menganut asas terang tunai agar selain memang dicatat. Hal tersebut berarti selain sudah dicatat dengan kuitansi bermaterai, juga telah melunasi pajak bumi dan bangunan. Juga harus dilegalisir dengan Kata Jual Beli dibuat di hadapan PPAT. Biaya yang dikenakan untuk AJB umumnya berkisar 0,5 hingga 1 % dari NJOP.
  3. Kemudian untuk balik nama sertifikat tanah, anda dapat langsung mendatangi badan pertanahan melalui PPAT kalau ingin mengurusnya sendiri. bisa juga dengan menggunakan jasa seorang notaris kalau mau memilih jasa notaris
  4. Jika prosesnya anda lakukan sendiri, anda harus mempersiapkan syarat balik nama sertifikat rumah dengan membawa berkas-berkas seperti surat pengantar dari PPAT, sertifikat asli, identitas penjual dan pembeli atau surat kuasa, AJB, fotokopi KTP, bukti pelunasan SSP PPH dan SSBPHTB. Semuanya anda bawa ke badan pertanaan. Jika belum memiliki SPPT, anda harus membuat keterangan dari lurah atau kepala desa setempat.
  5. PPAT lalu menyerahkan berkas AJB yang sudah disiapkan ke kantor pertanahan demi keperluan balik nama sertifikat rumah anda. syarat yang harus anda siapkan seperti AJB, surat permohonan balik nama ditandatangani pembeli, KTP penjual dan juga pembeli, bukti pelunasan pembayaran BPHTB dan juga bukti pelunasan pembayaran PPh serta sertifikat.
  6. Penyerahan berkas dilaksanakan paling lambat selama 7 hari masa kerja sejak ditandatanganinya AJB. Biasanya dalam waktu 2 minggu anda selaku pembeli sudah bisa mendapatkan sertifikat yang sudah berganti nama anda. biayanya beragam, tergantung luas dan juga pajaknya.


Nah, seperti itulah lebih kurangnya syarat balik nama sertifikat rumah dan cara mendapatkan sertifikat rumah baru anda. semoga artikel ini bisa membantu anda yang sedang kebingungan untuk mengambil langkah. Dan saya ucapkan terimakasih sudah mengunjungi blog saya.

Cara Membuat Sertifikat Rumah

Cara Membuat Sertifikat Rumah - Banyak orang menganggap bahwa mengurus surat menyurat itu rumit dan berbelit-belit. Memang begitulah adanya, namun semuanya pasti ada tujuan serta kegunaannya. Begitu juga dengan sertifikat rumah. Untuk anda yang ingin membuat sertifikat rumah, saya akan berikan cara membuat sertifikat rumah sebagai referensi sebelum anda membeli rumah.

Cara Membuat Sertifikat Rumah


Tata Cara Membuat Sertifikat Rumah


Berikut ini tata cara membuat sertifikat rumah selengkapnya.

1. AJB atau Akata Jual Beli

Kedua belah pihak, penjual dan pembeli mendatangi kantor PPAT untuk membuat AJB, atau untuk daerah yang jumlah PPATnya belum mencukupi bisa mendatangi Camat.

2. Persyaratan AJB

Untuk membuat Akta Jual Beli anda harus menyiapkan:

  • Penjual:

  1. Asli Sertifikat Hak Atas Tanah
  2. KTP dan KK
  3. Bukti pembayaran PBB
  4. Bagi yang sudah berkeluarga, surat persetujuan suami/isteri


  • Pembeli :

Cukup membawa KTP dan KK

3. Proses Pembuatan AJB

a. Persiapan

  • Pejabat Pembuat Akta Tanah memeriksa keaslian sertifikat di kantor BPN sebelum membuat AJB.
  • Penjual membayar PPh atau Pajak Penghasilan jika harga jual di atas Rp 60,- di kantor Pos atau BANK
  • Pembeli membuat pernyataan bahwa ia tidak menjadi pemegak hak atas rumah yang melebihi ketentuan batas dan luas maksimum dengan membeli rumah dan tanah tersebut
  • Surat pernyataan penjual bahwa rumah dan tanah tersebut tidak dalam keadaan sengketa
  • PPAT menolah pembuatan AJB jika rumah dan tanah dalam keadaan sengketa


b. Pembuatan AJB

  • Dihadiri oleh kedua belah pihak ataupun orang yang diberikan kuasa secara tertulis
  • Pembuatan akta dihadiri oleh minimal 2 orang saksi
  • PPAT membacakan akta serta menjelaskan isi dan juga maksut pembuatan akta
  • Jika isi akta sudah disetujui oleh kedua belah pihak, akta ditandatangani oleh kedua belah pihak, saksi dan PPAT
  • Akta dibuat 2 lembar asli, 1 disimpan di kantor PPAT dan 1 lembar lainnya disimpan di kantor BPN demi keperluan pendaftaran atau balik nama
  • Kepada penjual dan juga pembeli, masing-masing diberi salinannya


4. Cara membuat sertifikat rumah selanjutnya setelah membuat AJB yakni menyerahkan berkas AJB ke kantr BPN untuk balik nama sertifikat

5. Berkas yang diserahkan untuk membuat sertifikat rumah yakni:

  • Surat permohonan balik nama ditandatangani oleh pembeli
  • AJB
  • KTP kedua belah pihak
  • Sertifikat hak
  • Bukti pelunasan PPh dan BPHTB


6. Prosesnya di BPN

  • BPN memberikan tanda bukti pada PPAT yang selanjutnya diserahkan pada pembeli
  • Nama penjual dalam buku tanah dan sertifikat dicoret dengan menggunakan tinta hitam serta diparaf oleh KKBPN ataupun pejabat yang ditunjuk
  • Nama pembeli ditulis di halaman dan komom pada buku tanah dan sertifikat dengan ditambahkan pencatatan serta ditandatangani oleh kepala kantor BPN ataupun pejabat yang ditunjuk
  • Dalam waktu 2 minggu anda sudah bisa mendapatkan sertifikat rumah anda


Nah, seperti itulah lebih kurangnya tata cara membuat sertifikat rumah. Anda bisa menjadikan artikel ini sebagai referensi untuk nantinya membuat sertifikat rumah.

Tips Cara Balik Nama Sertifikat Rumah

Jika konsumen memahami prosedur pengurusan kepemilikan dan transaksinya, seharusnya prosedur balik nama sertifikat rumah tidak terlalu ruwet. Ketika bertransaksi, pembeli harus memastikan biaya pengurusan surat ataupun legalitas rumah, asuransi dan juga jangka waktu pengurusan. Selain itu, ada pula biaya akta jual beli ataupun AJB.

Untuk sebuah rumah yang dibeli dari pengembang, biaya balik nama umumnya diurus langsung oleh pihak pengembang jadi konsumen tinggal membayar. Biaya balik nama seringkali digabungkan dengan AJB. Biaya pengurusan balik nama dan AJB ini bervariasi sesuai dengan harga rumah tersebut. Berikut ini rincian biaya AJB serta pengurusan surat balik nama sertifikat rumah.

Tips Cara Balik Nama Sertifikat Rumah


Biaya AJB dan Pengurusan Surat Balik Nama Sertifikat Rumah


  • Sebesar Rp 1 juta hingga Rp 1,5 juta untuk harga satuan rumah sekitar Rp 50 juta hingga Rp 100 juta
  • Sebesar Rp 1,5 juta hingga Rp 3 juta untuk harga satuan rumah sekitar Rp 100 juta hingga Rp 300 juta
  • Sebesar Rp 3 juta hingga Rp 5 juta untuk harga satuan rumah sekitar Rp 300 juta hingga Rp 500 juta
  • Sebesar Rp 5 juta hingga Rp 10 juta untuk harga satuan rumah sekitar Rp 500 juta hingga Rp 1 milyar
  • Untuk rumah dengan harga di atas Rp 1 milyar, biasanya digunakan persentase dari harga rumahnya


Nah, itulah perkiraan biaya AJB sesuai dengan harga rumahnya. Berikut ini tata cara balik nama sertifikat rumah. Anda harus mengikuti prosedur balik nama sertifikat rumah ini untuk mendapatkan sertifikat rumah atas nama anda. langkah-langkahnya sebagai berikut:

  1. Penjual dan pembeli menandatangani AJB di hadapan PPAT atau pejabat pembuat akta tanah. Proses balik nama sertifikat rumah ini tidak bisa dilakukan kalau AJB belum ditandatangani oleh kedua belah pihak, saksi dan PPAT.
  2. Penjual sudah melunasi PPh dan pembeli sudah melunasi BPHTB. Proses balik nama ini tidak bisa dilakukan jika PBB, BPHTB, dan PPh belum dibayar lunas.
  3. Penjual dan pembeli sudah melunasi biaya AJB sekaliguas biaya balik nama sertifikat tersebut pada PPAT yang ditunjuk. Penjual dan pembeli sebaiknya membayar jasa PPAT di awal untuk jasa pelayanan yang maksimal, sehingga ketika proses balik nama sertifkat ini sudah selesai, pembeli tinggal mengambil sertifikat tersebut tanpa harus keluar biaya lagi. 
  4. Kantor PPAT mengurus balik nama di BPN setempat dengan menyertakan akta jual beli, sertifikat asli, fotokopi KTP pembeli dan penjual, bukti pelunasan PPh dan BPHTB. Untuk proses balik nama yang diserahkan pada BPN ialah sertifikat aslinya dan salinan AJB.


Nah, seperti itulah kurang lebihnya tata cara balik nama sertifikat rumah. Seharusnya sertifikat tanah sudah selesai dalam waktu 2 minggu. Namun dalam prakteknya seringkali anda harus menunggu 1 hingga 2 bulan lamanya.

Tata Cara Membeli Tanah

Tentu saja jual beli tanah menjadi hal yang seringkali terjadi di dalam kehidupan masyarakat. Ketika kedua belah pihak antara si penjual dan pembeli sudah sepakat untuk melaksanakan jual beli tanah, kedua belah pihak harus melakukan tata cara jual beli tanah. Nah, berikut ini cara membeli tanah yang harus anda ikuti untuk mendapatkan sertifikat tanah yang sudah dibeli.

Tata Cara Membeli Tanah


Tata Cara Membeli Tanah


1. AJB atau Akta Jual Beli

Kedua belah pihak yakni penjual dan pembeli mendatangi kantor PPAT atau Pejabat Pembuat Akta Tanah untuk membuat AJB atau Akta Jual Beli tanah. 

2. Persyaratan yang Harus Disiapkan

Dalam tata cara membeli tanah untuk membuat sertifikat anda harus mempersiapkan beberapa syaratnya seperti:

  • Pihak pertama atau penjual membawa Asli Sertifikat hak tanah, KTP suami dan istri yang masih berlaku (jika salah satunya meninggal, harus dibawa akte kematian), bukti pembayaran PBB terakhir hingga 5 tahun ke belakang, surat persetujuan suami/isteri untuk yang telah berkeluarga, dan Kartu Keluarga atau KK
  • Pihak kedua atau calon pembeli hanya perlu membawa KTP dan Kartu Keluarga saja.

3. Prosesnya

-  Persiapan

  • PPAT memeriksa keaslian sertifikat di kantor pertanahan
  • Penjual membayar PPh sebesar 5% dari Harga Transaksi di Kantor Pos atau BANK
  • Calon membeli bisa membuat pernyataan bahwa dengan membeli tanah itu, dia tidak menjadi pemegak  hak untuk tanah yang melebihi dari ketentuan batas luas maksimum
  • Surat yang menyatakan bahwa tanah tidak dalam keadaan sengketa dari penjual
  • Jika ternyata tanah dalam keadaan sengketa ataupun tanggungan BANK, PPAT menolah pembuatan AJB


- Pembuatan

  • Pembuatan akta dihadiri oleh calon pembeli dan penjual ataupun 2 orang yang diberikan kuasa secara tertulis
  • Minimal dihadiri 2 orang saksi
  • PPAT membacakan dan menjelaskan isi sereta maksut pembuatan akta
  • Ketika isi akta sudah disetujui oleh kedua belah pihak, akkta ditandatangani oleh keduanya, saksi dan PPAT.
  • Akta dibuat 2 lembar untuk disimpan masing-masing di kantor PPAT dan kantor pertanahan
  • Pembeli dan penjual mendapatkan salinannya


4. Langkah cara membeli tanah selanjutnya yakni:

  • Kwalidasi SSB di kantor PBB
  • PPAT menyerahkan berkas AJB di kantor pertanahan


5. Melengkapi berkas:

  • Surat permohonan balik nama ditandatangani oleh pembeli
  • AJB PPAT yang sudah lengkap
  • Asli sertifikat hak tanah
  • Fotokopi KTP pembeli dan penjual dilegalisir
  • Bukti pelunasan PBB tahun terakhir
  • Bukti pelunasan BPHTB


6. Proses Selanjutnya

  • Setelah mendapatkan berkas, Kantor Pertanahan memberikan tanda bukti penerimaan surat permohonan balik nama pada PPAT yang kemudian tanda bukti tersebut diserahkan pada pembeli
  • Nama penjual di buku tanah serta sertifikat dicoret menggunakan tinta hitam yang diparaf oleh Kepala Pertanahan
  • Nama pembeli ditulis di halaman dan kolom yang ada di buku serta sertifikat yang dibubuhi tanggal pencatatan serta tandatangan Kepala Kantor Pertanahan


Demikianlah tata cara membeli tanah sesuai prosedur. Semoga dengan artikel ini bisa membantu anda mendapatkan sertifikat tanah secara lebih mudah.

Cara Balik Nama Sertifikat Tanah

Istilah balik nama memang seringkali membingungkan. Hal ini karena kebanyakan orang masih bingung dengan tata cara dan prosesnya. Apakah hanya cukup dengan mengantongi kuitansi pembayaran untuk sebidang tanah yang sudah dibeli demi melegalkan status hukum kepemilikan untuk sebidang tanah yang sudah dibeli tersebut? Namun tidak sesederhana itu. Anda harus melakukan tahap-tahap dalam cara balik nama sertifikat tanah dan bersabar melalui proses balik nama tersebut demi terlegalkannya pemindagtanganan kepemilikan untuk sebidang tanah dari penjualnya kepada anda, sebagai pembeli.

Nah, dalam artikel ini saya akan berikan sedikit informasi mengenai tata cara balik nama sertifikat tanah. Semoga ini bisa membantu dan memandu anda melalui beberapa prosesnya. Ada beberapa langkah yang harus anda lakukan, berikut panduan selengkapnya.


Cara Balik Nama Sertifikat Tanah


Tata Cara Balik Nama Sertifikat Tanah

  1. Sebelum anda bertransaksi, pastikanlah untuk mengecek terlebih dulu akan keaslian sertifikat lembaga terkait, yaitu Badan Pertanahan setempat. Umumnya untuk mengecek keabsahan akan dikenai biasaya sekitar Rp 25.000,- hingga Rp 100.000,- saja.
  2. Kalau tanah yang akan anda beli belum disertifikat, lakukanlah pengecekan riwayat tanah dan bukti kepemilikannya di kantor kecamatan ataupun kelurahan setempat, serta bukti batas tanahnya.
  3. Ketika anda melakukan proses transaksi, pastikanlah untuk menganut asas terang dan tunai. Ini berarti jual beli itu selain dicatat dengan kuitansi bermaterai juga sudah melunasi PBB atau pajak bumi dan bangunan, juga harus dilegalisir dengan AJB atau akta jual beli yang dibuat di depan PPAT atau pejabat pembuat akta tanah. Biaya yang dikeluarkan untuk AJB ini umumnya sekitar 0,5% hingga 1 % dari NJOP nya.
  4. Untuk proses tata cara balik nama sertifikat tanah, anda bisa langsung mendatangi badan pertanahan melalui PPAT jika ingin mengurusnya sendiri, atau bisa pula dengan memakai jasa notaris. 
  5. Kalau proses dilakukan sendiri, anda harus membawa surat pengantar dari PPAT, AJB, sertifikat asli, identitas pembeli dan penjual ataupun surat kuasanya beserta fotocopy KTP, bukti pelunasan SSBPHTB serta bukti penunasan SSP PPh. Semuanya dibawa ke badan pertanahan. Kalau belum mempunyai SPPT, anda perlu membuat keterangan dari kepala desa atau lurah terkait.


Nah, seperti itulah kurang lebihnya tata cara balik nama sertifikat tanah. Anda bisa mengurusnya sendiri atau juga memakai jasa notaris. Keduanya sama saja, anda masih harus menyiapkan beberapa syaratnya serta dana lebih untuk membayar notaris.

Cara Mengurus Sertifikat Tanah

Cara Mengurus Sertifikat Tanah - Tanah gurik merupakan istilah populer untuk sebidang tanah adat ataupun tanah lainnya yang belum dikonversi menjadi sebuah tanah hak tertentu. Misal hak milik, hak pakai, hak guna bangunan, dan hak guna usaha serta belum pula didaftarkan ataupun disertifikatkan di kantor pertanahan.

Peralihan hak atas tanah tersebut umumnya dilakukan di depan kepala desa atau lurah. Tetapi, banyak pula yang hanya dilakukan sesuai dengan kepercayaan masing-masing orang. Sehingga tidak ada surat apapun yang bisa digunakan untuk mengetahui kepemilikannnya. Dalam istilah hukum tanah, pensertifikat tanah tersebut sebagai Pendaftaran Tanah Pertama Kali.

Biasanya masyarakat cenderung takut dan malas untuk mengurus sertifikat tanahnya sendiri. hal ini karena prosedurnya yang terlau lama dan berbelit. Padahal, mengurus sertifikat kepemilikian tanah ini sangatlah penting untuk mencegah pihak lain mengambil keuntungan dari tanah tersebut.

Supaya lebih aman dan mudah melakukannya, anda bisa mendatangi kantor PPAT atau Pejabat Pembuat Akta Tanah ataupun notaris. Lalu bersama-sama mendatangi kantor BPN untuk mengetahui kondisi tanah yang akan dibeli atau dijual. Jangan memilih oknum calo, langsung saja datang ke kantor BPN. Nah, untuk itu saya juga akan membantu anda dengan memberikan cara mengurus sertifikat tanah. Berikut informasi selengkapnya.

Cara Mengurus Sertifikat Tanah


Tata Cara Mengurus Sertifikat Tanah Gurik


Berikut ini beberapa langkah sebagai tata cara mengurus sertifikat tanah.

  1. Meminta surat rekomendasi dari camat atau kepala desa atau lurah perihal tanah yang bersangkutan. Isinya menyatakan bahwa tanah tersebut belum disertifikatkan.
  2. Pembuatan surat keterangan dari kepala desa atau lurah atau ketua RT yang menyatakan tanah tersebut tidak sedang dalam keadaan sengketa.
  3. Pengukuran tanah dan peninjauan lokasi oleh pegawai kantor pertanahan
  4. Penerbitan surat ukur atau gambar situasi yang dilanjutkan pengesahannya oleh BPN atau kantor pertanahan.
  5. Cara mengurus sertifikat tanah selanjutnya dengan melakukan pembayaran BPHTB atau Bea Perolehan Hak atas Tanah dan Bangunan sesuai luas yang ada di dalam surat ukur atau gambar situasi. Pembayaran tersebut dilakukan jika tanah yang dimohon berasal dari tanah garapan atau tanah negara. Pembayaran BPHTB ini juga dilakukan kalau pada saat proses pelaksanaan akta jual beli BPHTB itu belum dibayarkan.
  6. Proses pertimbangan oleh panitia pemeriksaan tanah A (panitia A)
  7. Pengumuman di kantor kelurahan dan kantor pertanahan setempat selama kurang lebih 2 bulan.
  8. Pengesahan pengumuman
  9. Penerbitan sertifikat tanah yang dilakukan oleh BPN atau kantor pertanahan setempat
  10. Proses pensertifikatan tanah ini hanya bisa dilakukan jika di waktu pengecekan tanah di kantor pertanahan dan kantor kelurahan terbukti bahwa tanah itu memang belum disertifikatkan dan selama prosesnya tidak ada pihak tertentu yang mengajukan keberatan. Apabila syarat itu sudah dipenuhi, maka proses pensertifikatan bisa ditempuh hanya dengan waktu lebih kurang 6 bulan hingga 1 tahun.


Nah, itulah sedikit penjelasan mengenai tata cara mengurus sertifikat tanah gurik. Sesungguhnya caranya tidaklah terlalu rumit, hanya saja anda harus mengikuti semua prosedurnya dan mau sedikit bersabar menjalaninya.

Harga - Harga Villa di Bali

Harga-harga villa di Bali – Bali memang menjadi salah sau puau yang ada di Indonesia yang mampu membuat pengunjungnya terpukau akan pesona keindahan alam yang menarik dan eksentrik. Bali juga memiliki daya tarik tersendiri demi mendatangakan para wisatawan untuk berkunjung ke Pulau Seribu Pura ini. Bahkan sangat tidak sedikit para wisatawan menghabiskan waktu untuk liburan berlama-lama di pulau Bali, karena Bali sendiri memang menawarkan banyak hotel dan juga villa yang dapat disewa.

Bali juga menawarkan banyak hotel dan Villa dengan berbagai macam jenis dan kisaran harga villa di Bali juga beragam . Setidaknya ada sekitar lebih dari 4000 hotel dan villa tersebar di wilayah Bali yang dapat anda jadikan pilihan untuk menginap di sana. Villa pada dasarnya banyak dipilih oleh para wisatawan daripada hotel atau penginapan biasa, karena villa sendiri memang mengutamakan kenyamanan dan privasi para tamu. 

Harga - Harga Villa di Bali


Kisaran Harga-Harga Villa di Bali


Mengingat villa lebih menjaga kenyamanan dan privasi penginapnya, sehingga tidak heran apabila villa di Bali banyak dipilih oleh mereka yang tengah berlibur ke Bali dengan membawa keluarga. harga-harga villa di Bali sangat bervariasi oleh karena itu banyak sekali kalangan yang memilih villa untuk tempat beristirahat mulai dari kaula muda sampai orang dewasa. 

Selain itu villa di pulau Bali kebanyakan lebih menawarkan suasana yang alami, suasana tropis tentunya akan membuat pengunjungnya nyaman. Desain yang unik dan eksentrik juga paling diunggulkan, villa biasanya menawarkan fasilitas yang mewah seperti kamar tidur, ruang keluarga, ruang makan, dapur, kolam renang dan masih banyak lagi.

Nah apabila anda saat ini tengah berlibur di Pulau Bali dan ingin menyewa villa di pulau ini, berikut ini akan kami berikan informasi mengenai kisaran harga villa di Bali. Harga-harganya sangat bervariasi mulai dari yang paling murah sampai dengan harga yang paling mahal.

Bali Village Spa
Hotel Bintang 2
Jl. Pratama 71A, Nusa Dua / Benoa, Bali
Jumlah kamar 16
 Wifi Gratis
Rp 198,500.52

Rumah Sungai Villa
Hotel Bintang 1
Bangkiang Sidem 
Jumlah kamar 3
 Wifi Gratis
Rp 449,496.00


Jepun Lembongan Villas
Hotel Bintang 2
Jungut Batu Village, 
Jumlah kamar 10
Rp 357,300.94
Puri Segara Village
Hotel Bintang 3
Jl. Pantai Suluban, Uluwatu, Bali
Jumlah kamar 7
Rp 307,675.81

Bumi Ayu Villa
Hotel Bintang 1
Jl. Bumi Ayu No. 53 F, Sanur, Bali
Jumlah kamar 3
 Wifi Gratis
Rp 377,150.99

Green Chaka Villa
Hotel Bintang 3
Jalan Lebak Sari 10, 
Jumlah kamar 3
 Wifi Gratis
Rp 367,225.96

Askara Villa
Hotel Bintang 3
Jalan Betaka, Banjar 
Jumlah kamar 3
 Wifi Gratis
Rp 893,252.34

Villa Tepi Kali
Hotel Bintang 2
Jalan Batumejan Canggu 
Jumlah kamar 14
Rp 516,101.35


Itulah beberapa rekomendasi beberapa nama villa serta daftar harga-harga villa di Bali. Semoga dapat membantu.

Teknik Cara Jual Villa di Bali

Cara jual villa di Bali – Perkembangan pembangunan perumahan, villa dan apartemen saat ini sangat jauh dari prediksi banyak orang. Tingkat ekonomi masyarakat saat ini juga mulai meninggi sehingga membuat banyak orang lebih memilih untuk memiliki tempat bernaung yang indah, berfasilitas dan ini dapat juga dijadikan investasi.

Tentunya kita sebagai manusia juga harus cerdas untuk mengambil peluang dari demam bisnis properti yang sedang melanda saat ini. Bisnis properti adalah bisnis yang banyak menyalurkan pengusaha sukses. Faktor yang sangat mendukung suksesnya bisns ini ialah bagaimana kita menata konsep seperti lokasi strategis yang banyak menjadi tujuan masyarakat entah untuk berwisata atau menempuh pendidikan. Apabila villa anda strategis maka anda tidak perlu takut villa anda dibeli dengan harga murah, karena yang pasti anda dapat mematok harga tinggi. Lalu apa saja teknik menjual villa di Bali agar cepat laku?

Teknik Cara Jual Villa di Bali


Beberapa Dari Teknik Dalam Cara Jual Villa di Bali


Yakinkan pembeli atas legalitas villa

Apabila kita ingin menjual villa di Bali, maka cara jual villa di Bali yang dapat anda lakukan ialah dengan menempatkan bisnis anda pada posisi yang paling unggul. Misalnya dengan meyakinkan pembeli akan hal terpenting sebelum membeli adalah upata untuk melegalitas villa tersebut. Oleh karena itu sebelum kita menjual villa, lengkapilah surat-surat yang berkaitan dengan izin pembangunan, pajak dan hal-hal lainnya. 

Lihat lokasi villa anda

Apabila anda memiliki villa di wilayah strategis maka sudah dapat dipastikan harga jual villa anda tinggi dan ini akan menjadi salah satu tempat yang banyak dicari oleh pembeli. Selain lokasi anda juga harus memperhatikan bagaimana letak lokasi villa dengan tempat-tempat lain untuk menyediakan kebutuhan sehari-hari seperti pasar, tempat beribadah, pusat kuliner atau transportasi.

Desain villa anda

Teknik menjual villa di Bali agar cepat laku ialah dengan mendesain villa anda menjadi lebih menarik. Penataan tersebut menyangkut desain interior dan eksterior dari villa tersebut, apabila anda mengedepankan desain yang elegan, glamour dan mewah maka jangan setengah-setengah dalam menatanya. Sebaliknya apabila anda mengedepankan konsep minimalis maka tatalah denga konsep minimalis semaksimal mungkin.

Patok harga

Apabila anda merasa villa anda sudah oke, maka langkah selanjutnya ialah menentukan kisaran harga yang dapat menarik para pembeli. Untuk mempertimbangkan harga ini, pertimbangkan juga berapa modal atau uang yang akan anda investasikan dalam membeli villa pada awalnya. Modal yang murah juga harus diringi dengan prediksi berapa lama dan berapa besar uang anda untuk 5 tahun mendatang atau 10 tahun mendatang. Silahkan anda tentukan dan pertimbangkan dengan benar harga dari villa anda agar anda mendapatkan keuntungan yang besar.

Bagaimana? Semoga dengan adanya informasi cara jual villa di Bali ini dapat menambah wawasan dan pengetahuan anda. 

Tips Membeli Villa Di Bali


Tips membeli villa di Bali – Menginap di villa mewah akan menjadi idaman para wisatawan. Di villa ini anda dapat menikmati banyak layanan dan fasilitas yang memadai dan pastinya memuaskan. Sopir pribadi, pelayan, perawatan spa dan lain sebagainya dapat dinikmati di villa mewah. Semua layanan dan fasilitas ini disuguhkan demi memanjakan tamu dan biasanya wisatawan menyewa villa dalam hitungan hari. Sedangkan untuk dalam suasana liburan panjang dapat menjadi 10 hingga 14 hari. 

Oleh karena itu bisnis properti seperti halnya villa atau hotel di area wisata menjadi salah satu hal yang cukup menjanjikan. Apabila anda saat ini tertarik untuk memeliki villa di area Bali, tentu ini menjadi prospek menjanjikan. Bali adalah kota wisata yang pengunjungnya tidak pernah sepi, lalu bagaimana cara membeli villa di Bali yang baik? Agar pilihan villa tersebut sesuai dengan harapan anda, berikut ini sejumlah pertimbangan atau tips yang dapat anda terapkan.

Tips Membeli Villa Di Bali


Beberapa Tips Membeli Villa di Bali


Perhatikan lokasi villa

Lokasi villa memang hal utama yang harus anda pikirkan dan salah satu tips utama dalam tips membeli villa di Bali. Tempat strategis ini seperti di lokasi liburan yang menyuguhkan pemandangan indah, karena ini akan menjadi pusat perhatian wisatawan yang ingin menginap di villa anda. Dan salah satu tempat strategis tersebut ialah di kota Bali, karena Bali memang menyajikan pemandangan indah dan salah satu tempat yang banyak dikunjungi oleh para wisatawan.

Cari villa berkonsep

Apabila lokasi villa sudah strategis maka langkah selanjutnya lihat villa tersebut apakah berkonsep menarik atau unik. Konsep yang unik dan menarik mampu menarik hati wisatawan dan memang villa berkonsep menarik tidak murah namun apabila dijadikan investasi di masa mendatang ini sangat menjanjikan. Atau apabila anda tidak punya uang membeli villa berkonsep menarik anda dapat membeli villa biasa dan kemudian dirombak atau didesain semenarik mungkin dengan mengajak orang lain untuk dijadikan rekan bisnis.


Coba pilih villa berkonsep water village

Mengapa kami memasukkan pilihan ini dalam cara membeli villa di Bali ? Karena, konsep ini menjadi salah satu konsep yang banyak dicari orang dan banyak diminati. Konsep ini ialah menghadirkan konsep alami yang dapat memberikan kenyamanan bagi para penghuninya. Selain itu konsep ini juga selalu dihubungkan dengan saluran air, konsep yang menyatu dengan alam, disini juga dapat menambah dengan kicauan burung, aroma bunga yang dapat anda tanam di sekitar villa karena ini dapat memanjakan para pengunjung.

Itulah informasi seputar tips membeli villa di hotel agar dapat menjanjikan di masa mendatang. Semoga dapat menambah wawasan anda dan semoga membantu.


Alasan Membeli Villa Di Bali

Alasan membeli villa di Bali – Bali memang salah satu kota yang ada di Indonesia dengan jumlah visitor wisatawan yang semakin tahun semakin meningkat. Maka tidak heran banyak sekali villa yang berada di wilayah Bali dijual dengan harga yang tinggi. Mempunyai simpanan investasi di Bali seperti menjual atau mengubahnya ke properti yang lebih besar atau lebih banyak jumlahnya ini merupakan hal yang dapat membuat keuntungan semakin mengganda.

Bali memiliki potensi alam yang dapat dimanfaatkan untuk apapun, keramahan masyarakatnya juga mampu menarik perhatian banyak pengunjug. Semakin banyak visitor Bali maka semakin banyak pula permintaan villa di Bali, ini semakin menambah deretan bisnis real estate yang menjual villa dengan harga seimbang sesuai berdasarkan fasilitas yang dijanjikan. 

Selain salah satu alasan di atas, untuk lebih meyakinkan anda kami akan menuliskan beberapa alasan membeli villa di Bali. 

Alasan Membeli Villa Di Bali


4 Alasan Utama Untuk Membeli Villa di Bali


Jumlah turis di Bali semakin meningkat

Bali banyak menyuguhkan lokasi wisata yang banyak disukai para turis, berwisata di Bali tiak dapat dilakukan hanya dalam waktu sehari atau dua hari. Hal inilah yang menyebabkan pengunjung Bali semakin meningkat dan banyak yang menginap di hotel atau di villa. Inilah salah satu alasan membeli villa di Bali dan yang harus anda ketahui di hari biasa pun pengunjung Bali menginap di hotel atau Bali relatif stabil.

Bisnis properti semakin meningkat

Menurut beberapa ahli pengamat bisnis properti mengungkapkan bahwa saat ini binis properti semakin meningkat dengan pesat. Terutama bisnis properti yang ada di lokasi-lokasi pariwisata seperti Kuta, Uluwatu dan Denpasar karena wilayah ini mengalami peningkatan hingga empat ratus persen. Hal ini sangat berbeda dengan 3 sampai 5 tahun lalu, persaingan inilah yang membuat banyak villa di bali dijual denga harga yang sangat bersaing. 

Jumlah Turis Bali tidak Pernah Sepi

Beberapa alasan membeli villa di Bali  yang terakhir ialah karena jumlah pengunjung Bali ini terus meningkat dan pastinya membutuhkan tempat berteduh. Oleh karena itu kebanyakan para pengelola properti pemula akan mencari villa-villa indah yang siap ditempati untuk disewakan oleh para turis tersebut. 

Membeli villa lebih mudah daripada membuat

Hal lainnya yang membuat banyak orang lebih memilih untuk membeli dari pada membangun karena meminta izin membangun villa di Bali cukup rumit untuk didapatkan. Sedangkan untuk para pemilik vila yang menjual vilanya biasanya memiliki lebih dari satu vila dan telah berhubungan atau berpengalaman dalam mengurus izin pembanguna villa. Sehingga ini akan lebih mudah apabila dibandingkan dengan mengurus semua surat izin dari awal.

Mungkin anda butuh >> 2 VILLA DIJUAL DI BALI MEWAH MURAH DEKAT PANTAI PANDAWA

Tertarik untuk membeli villa di wilayah Bali, setelah membaca info beberapa alasan membeli villa di bali ini? apalagi untuk anda yang punya modal besar apa salahnya untuk mencoba.

Cara Booking Hotel, Cara Memesan Kamar Di Hotel

Untuk kamu yang baru pertama kali pergi ke luar kota sendirian, pastilah merasa kebingungan saat akan memesan kamar hotel. Sebenarnya untuk memesan kamar di hotel bukanlah hal yang terlalu sulit, namun jika tidak biasa pun akan merasa kesusahan. Untuk bertanya saat sudah berada disana pun sungkan karena malu dan takut untuk ditertawakan. Padahal urusan memesan kamar hotel adalah hal yang sangat penting. Tanpa memesan kamar hotel, dimana kamu akan menginap selama liburan? Ganpang saja jika di kota tujuanmu ada sanak saudara atau kenalan. Tetapi tentunya untuk berlibur kamu akan lebih suka memilih memesan kamar sendiri agar tidak merepotkan. Jangan khawatir karena kami akan membagikan mengenai cara booking hotel  yang mudah untuk diikuti oleh siapa saja. 

Cara Booking Hotel, Cara Memesan Kamar Di Hotel


Langkah-Langkah Memesan Kamar Hotel


1. Cari Referensi

Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah mencari referensi hotel mana yang memiliki reputasi bagus di kota tujuan. Cek juga mengenai lokasi hotel tersebut apakah jauh atau dekat dengan tempat-tempat strategis seperti objek wisata.

2. Membandingkan harga

Selanjutnya, cari daftar harga dari tiap hotel yang tersedia itu. Bandingkan harga dari setiap harga sewa kamar hotel tersebut. Jangan hanya terpaku untuk mencari harga sewa kamar yang murah karena belum tentu menjamin kualitas kamar hotel tersebut. Cari tahu secara detail fasilitas yang ditawarkan dan kondisi hotel tersebut.

3. Cari testimonial

Mengenai langkah ketiga dalam cara booking hotel ini adalah dengan mencari review-review dari para tamu hotel yang terdahulu. Jangan hanya baca kesan-kesan yang baik, kamu pun sangat perlu membaca keluhan-keluhan dari para pengunjung hotel terdahulu.

4. Melakukan Reservasi

Tahap yang keempat adalah melakukan reservasi. Setelah mencari tahu hotel mana saja yang letaknya strategis, membandingkan harga sewa hotel satu sama lain, dan membaca testimonial dari tamu terdahulu, kamu pun sudah dapat menentukan pilihan hotel mana untuk dipesan. Sebaiknya kamu melakukan reservasi jauh-jauh hari dengan menelpon pihak hotel. Jika hotel memiliki manajemen yang bagus, pastilah mereka akan merespon dengan cepat dan ramah.


Demikian artikel mengenai cara booking hotel ini, semoga dapat bermanfaat dan menambah wawasan pembaca.

4 Tips Memilih Hotel Dengan Mudah & Murah

Saat pergi berlibur ke luar kota, salah satu hal yang penting adalah penginapan yang kamu pilih. Hal ini menjadi penting karena akan mempengaruhi keseluruhan liburanmu. Penginapan atau hotel yang baik harus memiliki fasilitas yang baik untuk tamu-tamunya. Bayangkan apabila di hotel yang kamu sewa, shower nya mati, kasurnya keras, lantainya kotor, makanannya tidak enak, atau lampunya mati.

Ditambah lagi jika pelayanan dari pegawainya tidak ramah, sudah pasti kamu tidak bisa menikmati liburanmu. Lantas, bagaimanakah tips memilih hotel yang baik dan tepat? Untuk menjawab pertanyaan tersebut, kami telah merangkum dari berbagai sumber terbaik mengenai kiat-kiat pemilihan hotel saat berlibur. Selamat membaca. 

4 Tips Memilih Hotel Dengan Mudah & Murah


Kiat-kiat Memilih Hotel untuk Liburan


1. Lokasi

Kiat yang pertama adalah dalam pemilihan lokasi. Sangat disarankan untuk kamu memilih lokasi yang berdekatan dengan wilayah objek wisata atau pusat perbelanjaan. Hal ini akan membuat Anda tidak harus mengeluarkan banyak uang untuk transportasi. Biasanya memang hotel yang jauh dengan lokasi wisata lebih murah, namun biaya yang harus dikeluarkan untuk transportasi jauh lebih banyak. Pada akhirnya akan menjadi sama saja, hanya kamu pun akan lebih capek kalau lokasi hotel jauh dengan tempat wisata.

2. Utamakan fasilitas

Tips yang kedua adalah memperhatikan fasilitas yang ditawarkan hotel. Sesuaikan dengan tujuan kamu berlibur. Misalnya, jika memang tujuan liburanmu adalah mengunjungi objek-objek wisata, pilihlah hotel yang menonjolkan fasilitas mandi dan tempat tidur yang nyaman. Tidak perlu memilih hotel yang memiliki banyak fasilitas karena kamu tidak akan sempat menggunakannya. Sebaliknya, jika tujuanmu berlibur adalah untuk bersantai atau menikmati fasilitas hotel seperti spa, pilihlah hotel yang memiliki fasilitas yang seperti kamu mau itu.

Dekorasi kamar hotel juga mungkin tidak perlu terlalu mewah, cukup dekorasi yang sederhana tapi tetap nyaman dan bersih, Kumpulan dekorasi terbaik bisa dilihat di http://topsdecor.com

3. Perhatikan harga

Selanjutnya, tips memilih hotel yang ketiga adalah mempertimbangkan harga yang ditawarkan. Trik untuk mendapatkan harga yang lebih murah adalah memesan melalui agen-agen travel. Untuk gambaran, jika suatu hotel berbintang untuk satu malam menawarkan Rp 1.500.00,00, maka jika kamu memesan melalui travel agen harganya bisa menjadi hanya Rp 1.000.000,00 saja. Hal ini dikarenakan hotel memiliki kerjasama dengan agen travel dengan memberikan potongan harga spesial. 

4. Cari tahu Review

Tips yang keempat adalah mencari tahu mengenai track record hotel melalui testimonial dari tamu yang pernah menginap disana. Biasanya saat memberikan review di internet orang-orang akan lebih jujur dan apa adanya. Kamu bisa bebas mencari testimonial untuk hotel mana yang akan kamu bandingkan. Membandingkan dua atau tiga hotel dapat membantu menentukan pilihan. Asalkan jangan membandingkan terlalu banyak karena kamu bisa kebingungan.

Nah, itu tadi tips memilih hotel yang dapat kami bagikan untuk kamu semuanya. Semoga dengan kiat-kiat ini, liburanmu akan terasa lebih menyenangkan. Selamat berlibur!

Cara Menginap Di Hotel Berbintang

Cara menginap di hotel berbintang – Hotel berbintang memang menjadi tempat menginap yang sangat nyaman serta biasanya menawarkan berbagai macam fasilitas dan layanan menarik. Untuk yang telah terbiasa menginap di hotel berbintang tentu membaca artikel ini tidak terlalu penting, namun bagaimana untuk orang yang belum pernah sama sekali nginep di hotel berbintang lima?

Apabila anda sudah memutuskan untuk menginap di hotel berbintang dan belum pernah memiliki pengalaman sebelumnya, maka berikut ini merupakan panduan menginap di hotel berbintang lima yang dapat anda pelajari.

Cara Menginap Di Hotel Berbintang 

dekorasi kamar hotel

Reservasi dahulu

Sebelum menginap sebaiknya anda reservasi dahulu baik itu secara online atau melalui telepon. Sebab, hampir semua hotel berbintang menjalin kerja sama dengan biro perjalanan wisata. Maka sebaiknya anda melakukan reservasi penginapan melalui biro perjalanan wisata karena biasanya akan memberikan diskon atau biaya yang lebih murah.

Konfirmasi lagi

Cara menginap di hotel berbintang apabila telah direservasi maka harus dokonfirmasi kembali kepada pihak hotel sebelum anda datang. Jadi, ini akan lebih memastikan dan yakin bahwa pihak hotel telah menyiakan kamar untuk anda.

Check in

Saat check ini anda akan diminta untuk memberikan sejumlah uang atau deposit, kelebihan dari deposit uang anda akan dikembalikan apabila anda tidak melakukan pembelian selain tarif menginap di kamar. Untuk pembayaran deposit dapat menyerahkan kartu kredit.

Minta tolong petugas
Apabila anda membawa banyak barang maka anda dapat meminta bantuan kepada tugas untuk membawa barang anda ke kamar. Dan jangan lupa untuk membeli uang tip kepada mereka minimal sebesar Rp. 10.000.

Fasilitas gratis dan fasilitas membayar

Panduan menginap di hotel berbintang lima yang tidak kalah penting ialah anda harus mengetahui mana fasilitas cuma-cuma dan mana fasilitas yang harus membayar. Apalagi jika anda mendapatkan fasilitas penginapan hotel gratis.

Mana Makanan gratis dan membayar

Di hotel berbintang pasti akan ada bar kecil berupa kulkas mini dan peralatan makan seperti cangkir dan sendok. Kulkas ini akan berisi makanan dan minuman ringan, tentu saja anda akan dikenakan biaya apabila menikmati makanan dan minuman tersebut. Namun, kopi dan teh yang diseduh dengan sendiri akan gratis. Begitu juga dengan air mineral botolan dan complimentary sebagai ucapan untuk selamat datang seperti buah.

Jangan membawa pulang barang hotel

Di kamar mandi akan ada perlengkapan mandi yang dapat anda gunakan secara gratis, seperti sabun, sampo dan sikat gigi. Perlengkapan mandi ini biasanya terletak di wadah kecil atau di dalam kotak karton. Akan tetapi jangan pernah untuk membawa pulang handuk, keset atau hair dryer yang ada dalam kamar, karena benda ini merupakan peralatan hotel yang tidak dapat dibawa pulang.

Demikianlah sedikit tips dalam cara menginap di hotel berbintang yang dapat menjadi panduan bagi anda.

Tips Jual Beli Tanah Cara Membeli Tanah

Cara membeli tanah – Tanah merupakan harta yang tidak dapat bergerak yang salah satu bentuk investasi yang paling menguntungkan. Hal inilah membuat tanah banyak diminati oleh banyak orang karena harga tanan nantinya akan semakin naik dari hari ke hari. Sebagai contih apabila anda membeli tanah sekarang dan anda menjualnya kembali 2 sampai 5 tahun kemudian maka dijamin harganya pun akan berlipat ganda dari harga saat anda membeli.

Nah, untuk anda yang ingin berinvestasi tanah maka ada baiknya anda harus memperhatikan dengan seksama tips aman membeli tanah. Sebab saat ini banyak kasus persengketaan lahan atau tanah yang pada akhirnya akan merugikan anda sendiri. Tentu anda tidak ingin kan tanah yang anda beli ternyata dapat bermasalah dalam kepemilikan dan keabsahan sertifikatnya atau hadirnya masalah lain.

Tips Cara Membeli Tanah Agar Aman

tips jual beli tanah

Periksa kondisi tanah

Tanah yang akan kita beli sebaiknya dicek terlebih dahulu, baik itu untuk kontur tanahnnya ataupun potensi tanahnya. Apabila tanah tersebut termasuk jenis tanah bergerak maka sebaiknya anda mencari tanah di lokasi lain, karena tanah yang bergerak tida baik apabila dibangun rumah di atasnya. Dan yang tidak kalah penting ialah lokasi tanah anda, sebaiknya pilihlah tanah yang letaknya strategis.

Periksa surat-suratnya

Cara membeli tanah yang sangat penting ialah anda harus periksa surat-menyurat tanah yang sebaiknya harus lengkap dan absah termasuk juga kepemilikannya. Apabila tanah tersebut sudah bersertifikat maka periksa apakah sertifikat tersebut telah berpindah tangan atau belum. Serta usahakan apabila sertifikat tanah atas nama penjual tanah itu sendiri agar lebih mudah dalam prosesnya. Namun, jika tanah yang akan dibeli tersebut belum bersertifikat dan masih berupa girik sebaiknya anda memeriksa kebasahan bukti kepemilikannya, apakah valid ataupun tidak valid.

Pemeriksaan oleh PPAT

Agar memastikan keabsahan sertifikat tanah yang akan anda beli, maka gunakanlah jasa PPAT untuk memeriksanya. PPAT ini akan memeriksa keaslian sertifikat tanah tersebut ke BPN (Badan Pertahanan Nasional). Tujuan ini untuk memastikan apakah sertifikat itu asli atau tidak, sedang dimainkan atau tidak atau mungkin tanah sedang dalam sengketa.

Membuat AJB oleh PPAT

Tips aman membeli tanah selanjutnya ialah membuat AJB oleh PPAt. Untuk membuat akta jual beli (AJB) ini biasanya dibutuhkan beberapa persyaratan seperti : surat pembayaran PBB, sertifikat tanah, surat izin mendirikan bagungan dan hak tanggungan atau hipotik.

Balik nama sertifikat tanah

Apabila PPAT telah selesai membuat AJB maka PPAT kemudian menyerahkan berkas AJB tersebut ke BPN demi mengurus balik nama sertifikat tanah yang dibeli. Penyerahan berkas untuk balik nama ini selambat-lambatnya 7 hari setelah penandatangan AJB agar nantinya segera diproses. Ada beberapa syarat atau berkas yang diserahkan untuk membalik nama ini seperti: surat permohonan balik nama, akta jual beli, KTP, bukti pelunasan PPH dan BPHTB.

Itulah beberapa tips cara membeli tanah agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan. Silahkan baca Villa dijual di Bali dekat Pantai

Tata Cara Membeli Rumah Gratis Tanpa Hutang

Jasajual.com - Tahun 2015 ini memang dapat dibilang merupakan tahun yang paling pas untuk mewujudkan investasi di rumah impian. Rumah selain tempat hunian juga dapat dimanfaatkan untuk investasi di masa depan apalagi jika rumah tersebut merupakan jenis hunian impian kita. Selain nyaman dihuni, ketika dijual lagi harganya pun tidak akan merosot malah akan semakin meningkat.

Harga rumah baik itu dijual atau untuk disewa semakin hari memang akan terus meroket dalam beberapa waktu belakangan ini. Membayar uang muka atau DP merupakan pilihan terbaik apabila anda menginginkan hunian namun terbentur dana. Karena dengan konsep cicilan anda tidak akan merasa berat untuk mengeluarkan uang besar demi memiliki hunian. Anda dapat juga mengajukan peminjaman uang di bank atau memberi pembayaran DP dengan hasil penjualan barang yang anda punya.

Namun, bukan Cuma harga saja kan patokan ketika akan membeli rumah? Ada banyak hal lain yang harus anda pertimbangkan. Karena dengan semakin menjamurnya proyek perumahan yang berusaha untuk membuai anda dalam membeli properti mereka. Sebaiknya anda membaca tips membeli rumah ini agar hunian yang anda pilih benar-benar baik dan menjadi hunian yang nyaman untuk anda.

Beberapa Tips Cara Membeli Rumah

tips membeli rumah

Jaringan dan lokasi

Hal ini memang sangat penting untuk anda pikirkan dan pertimbangkan saat ingin membeli rumah. Lokasi dan jaringan yang strategis memang sangat penting. Pastikanlah bahwa rumah atau hunian yang akan anda pilih tersebut memiliki aksesibilitas yang baik dan ditambah dengan kedekatan pusat perbelanjaan serta fasilitas medis, dan sarana pendidikan. Hal ini akan mempermudah anda dalam menjalani aktivitas, percuma kan punya rumah tapi tempatnya tidak strategis? Ini akan mempersulit akses anda.

Perhatikan keamanan dan lingkungan sekitar hunian

Sebelum membeli sebuah rumah maka cara membeli rumah yang harus anda pahami ialah perhatikan faktor lingkungan sekitar rumah anda dan keamanannnya. Ini merupakan hal yang sangat penting untuk dipikirkan. Anda tentu tidak ingin hidup dalam keadaan yang kacau dengan himpitan bangunan dan lingkungan yang tidak terjamin keamanannya.

Spesifikasi dan fitur

Rumah impian akan terasa lengkap apabila dilengkapi dengan berbagai fasilitas modern yang dapat memungkinkan kita untuk hidup nyaman bagaikan raja di dalamnya.

Kelengkapan fasilitas

Tips membeli rumah selanjutnya apabila anda telah menemukan sebuah rumah di lokasi yang baik, lingkungan besar dan konektivitas sempurna. Maka langkah selanjutnnya ialah dengan memperhatikan keberadaan beberapa fasilitas demi memperkaya kehidupan seperti gym, kolam renang, pusat kebugaran dan fasilitas lainnya.

Menambahkan anggaran

Apabila semua telah terlengkapi maka tidak salahnya untuk anda menambahkan sedikit anggaran demi menambah kenyamanan yang ada di rumah anda lewat penambahan fasilitas dan unsur kenyamanan di rumah anda.

Itulah tips cara membeli rumah yang dapat menjadi bahan pertimbangan untuk anda. Jadi yang seperti judul artikel ini, jika ingin gratis adalah warisan dari orang tua atau hibah dari orang lain.

Cara Membeli Properti Murah Tanpa Modal

Cara Membeli Property

Properti memang invetasi yang dapat memberikan keuntungan besar, karena memang modalnya juga besar untuk memiliki property ini. Terlebih jika property tersebut berada di wilayah strategis. Namun, apakah anda pernah berpikir bahwa sebenarnya anda dapat memiliki properti tanpa modal? Kok bisa? Simak ya ulasan di bawah ini sampai tuntas.

Trik Cara Membeli Property Tanpa Modal

Jangan sia-siakan tawaran developer

Ambil kesempatan yang ditawarkan oleh developer seperti penawaran rumah tanpa uang muka. Dalam pelayanan ini sebenarnya para developer telah berkerja sama dengan pihak bank untuk menjual properti tanpa uang muka. Jadi, tugas anda selanjutnya ialah membayar cicilan tersebut sampai lunas tanpa perlu uang muka.

Perang diskon antar developer

Tips membeli properti yang nyaris tanpa modal dan akan menguntungkan untuk anda ialah dengan mencari perang diskon antar developer. Developer memang bersaing untuk menggaet konsumen dan triknya ialah dengan memberikan penawaran miring. Perang diskon ini dapat kita manfaatkan untuk mengajukan pinjaman ke bank, mainkan diskonnya seolah-olah itu sebagai uang muka yang kita bayarkan.

Mark up harga

Cara membeli property tanpa modal ialah dengan teknik mark up harga. Pada dasarnya memang harga properti untuk setiap jenisnya akan berbeda walau dalam satu lokasi. Ini merupakan kesempatan yang dapat dimanfaatkan dengan menaikan harga sedikit lebih tinggi sesuai dengan nilai uang muka.

Flip transaction

Sebelum anda membeli properti anda harus menguasai wilayah sekitar 80 kilometer persegi dari tempat hunian anda. Apabila anda mengetahui wilayah sekitar properti anda tidak strategis atau nantinya ketika dijual lagi akan murah maka anda dapat menjual kembali properti tersebut. Apabila ingin menaikkan harga maka anda dapat menangguhkan pembayaran di belakang.

Berbagi komisi dengan pemilik

Jadi hal ini sama dengan pembalikan transaksi yaitu kita tinggal berkata jujur kepada pemilik properti bahwa harga dari rumah ini akan dijual kembali dengan harga yang lebih tinggi. Apabila penjual telah yakin maka selanjutnya tinggal mencari pembeli, apabila pembeli dapat maka antar pembeli untuk melihat kondisi properti.

Menggunakan pendapatan sewa 

Anda tinggal membuat kesepakatan dengan pemilik property rumah seperti pembayaran akan dilunasi dalam jangka waktu yang ditentukan. Setelah sepakat maka  segera buat iklan yang berisi penyewaan rumah dengan sebagai pemiliknya. Agar mendapatkan hasil dari pembayaran maka berikan promo menarik kepada penyewa berupa hadiah-hadiah apabila ia bersedia membayar sewa satu tahun di muka, selanjutnya uang sewa ini akan digunakan sebagai uang muka pembayaran rumah yang akan kita beli.

Cara membeli property atau menjalankan bisnis property tanpa modal memang harus ada perhitungan dan analisa sebelum memulai agar dapat terencana dengan baik.

2 VILLA DIJUAL DI BALI MEWAH MURAH DEKAT PANTAI PANDAWA

Tips Membeli Villa

Info Hotel Villa Tanah dijual di Bali hubungi 081 338 305 841

Sebelum saya menawarkan Villa dijual di Bali, selayaknya Anda mengetahui tips-tips berikut.

Bagaimana cara membeli villa maupun hotel? Memiliki properti memang hal yang menjanjikan di zaman globalisasi seperti ini, karena ini akan memberikan keuntungan yang cukup besar. Terlebih jika properti tersebut berada di tempat yang strategis, strategis  di pertengahan kota atau di tempat wisata yang banyak dikunjungi wisatawan.

Salah satu properti tersebut seperti Villa atau Hotel. Saat ini bisnis properti semacam ini sangat berkembang sangat pesat. Pernahkan anda berpikir untuk memiliki villa di tempat wisata yang banyak dikunjungi orang? Salah satunya di Bali? Bali memang menyajikan alam yang sangat indah dan menawan.

Villa yang anda miliki tersebut dapat digunakan untuk pribadi ataupun disewakan. Memiliki villa di kota Bali akan menjadi sebuah investasi yang sangat menjanjikan, apalagi jika kita menyewakan villa tersebut kepada orang lain. Maka sudah dapat dipastikan invetasi kita akan semakin bertambah. Selain, di kota Bali sebenarnya banyak kota-kota yang dapat anda bidik untuk memiliki Villa.

Bagaimana tips membeli villa agar dapat menjanjikan dalam jangka panjang?

Ini Cara Membeli Villa Hotel Menjanjikan

Pilih tempat strategis

Salah satu cara membeli villa hotel yaitu pilihlah properti yang berada di tempat strategis. Salah satu tempat yang strategis ialah di lokasi liburan yang pemandangannya sangat indah. Apabila anda memiliki tempat penginapan di lokasi liburan pasti para wisatawan akan menginap di properti anda. Salah satu tempat strategi tersebut ialah di kota Bali, karena Bali memang menyajikan pemandangan indah dan salah satu tempat yang banyak dikunjungi wisatawan.

Villa yang berkonsep

Kurang maksimal kan apabila punya villa di tempat strategis namun konsepnya kurang menarik? Carilah atau rancanglah villa atau hotel anda dengan konsep menarik salah satunya konsep minimalis. Selain itu perhatikan juga fasilitas yang anda tawarkan dan hadiahkan pengunjung dengan pemandangan indah nan cantik.  Memang, harganya cukup mahal tapi ini akan menjadi daya tarik tersendiri dari wisatawan. Apabila anda tidak punya modal besar maka apa salahnya untuk bekerja sama dengan saudagar yang punya banyak modal untuk membuat atau membeli villa dan hotel yang konsepnya sesuai dengan kesepakatan bersama.

Pilih konsep majestic water village

Tips membeli villa yang dapat anda pilih ialah dengan berkonsep majestic water village, karena memang konsep ini paling banyak diminati. Konsep alam memang menghadirkan kenyamanan bagi para penghuninya. Majestic water village memang selalu dihubungkan dengan saluran air, konsep ini akan menyatu dengan alam, dimana akan ada kicauan burung, aroma bunga yang akan tumbuh di sekitar villa juga akan sangat memanjakan para pengunjungnya.

Itulah informasi seputar cara membeli villa hotel agar dapat menjanjikan di masa mendatang.

Villa dijual di Bali dekat Pantai


Villa Watersbay Residence
Kavling H, JL. Alas Arum Pandawa (2 minutes from Pandawa Beach)
Luas tanah: 314 m2
Luas bangunan: 380 m2

4 kamar tidur 4 kamar mandi
Bathroom of rain shower and bathtub with private pool
Lobby/Living room/ Dining room/ Mini Pantry/ Carport
SHM/Freehold and IMB

Harga Villa di Bali ini: Rp6.000.000.000  Nego
Contact: 0878 6303 3063 atau 1234mbak(at)gmail.com

Foto Lain lihat disini
jual villa di bali

villa di bali di jual

info villa di jual di bali
jual villa bali murah